Mengetahui Jenis-Jenis Kemasan

Kemasan merupakan first impression suatu produk, bagian pertama produk yang terlihat oleh pembeli dan mampu menarik perhatian pembeli.

Pengemasan suatu produk dilakukan sesuai dengan jenis kemasan. Berikut penjelasan jenis-jenis kemasan berdasarkan struktur isi, frekuensi pemakaian dan tingkat kesiapan pakai :

Berdasarkan Struktur Isi, kemasan dibagi menjadi tiga jenis yaitu

  • Kemasan Primer

Pembungkus utama atau langsung menyentuh pada suatu produk, misalnya kaleng susu, botol parfum, dll.

  • Kemasan Sekunder

Pembungkus atau bagian terluar dari suatu produk yang fungsinya untuk melindungi dari kemasan yang utama atau lainnya, misalnya box parfum untuk wadah botol parfum, dus kosmetik untuk wadah tempat kosmetik, box corgated/karton untuk wadah mie instan.

  • Kemasan Tersier

Pembungkus yang diperlukan untuk menyimpan pengiriman atau pengangkutan. Kemasan yang digunakan sebagai pelindung selama pengiriman.

Berdasarkan Frekuensi Pemakaian, kemasan dibagi menjadi tiga jenis yaitu

  • Kemasan Sekali Pakai (Dispoable) yaitu kemasan yang setelah satu kali pakai langsung dibuang, misalnya bungkus permen, bungkus sabun, bungkus daun.
  • Kemasan yang dapat dipakai berulang (Multi Trip) yaitu kemasan yang tidak langsung dibuang oleh konsumen dan dapat dimanfaatkan kembali oleh konsumen atau dapat dijual ke agen penjual untuk kemudian dimanfaatkan ulang oleh pabrik, misalnya botol kaca minuman, kecap, sirup.
  • Kemasan yang tidak dibuang (Semi Disposable) yaitu kemasan yang digunakan untuk kepentingan lain dirumah konsumen setelah dipakai, misalnya kaleng susu untuk menakar beras, botol minyak dapat direfill ulang.

Berdasarkan tingkat kesiapan pakai, kemasan dibagi menjadi dua jenis yaitu

  • Kemasan siap pakai yaitu pembungkus produk yang siap dipakai untuk diisi dengan bentuk yang telah sempurna sejak keluar dari pabrik. Contohnya wadah botol, wadah kaleng.
  • Kemasan siap dirakit yaitu pembungkus produk yang masih memerlukan tahap perakitan sebelum pengisian. Contohnya dus pisah untuk catering harus diselipkan dulu kebagain kuncian agar bisa terbentuk dus, foil dari plastik.

Berikut Jenis-Jenis Kemasan berdasarkan struktur isi, tingkat kesiapan pakai dan frekuensi pemakaian. Di Mega Kemasan kalian dapat memesan berbagai macam bentuk kemasan seperti Box Roti, Box Takeaway, Dus Chicken, Dus Souvenir, Papertray, Kantong Kertas, Tas Kertas, Mangkuk Kertas, Standing Pouch, Kemasan Sachet, Papercup, Box Corgated, Box Hard Carton, Paperbag, Kantong Foodgrade, Kertas Roti dan sebagainya. Langsung kontak Customer Service Mega Kemasan 🙂