Cara Membuat Telur Asin dan Trik Memasarkannya

Hari ini, kita bakalan kasih kamu sefruit tips bisnis telur asin dan juga cara memasarkannya. Usaha satu ini hanya membutuhkan modal kecil, tapi keuntungan yang didapatkan lumayan. Pembuatannya sangat sederhana, namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Walaupun begitu, daya tahan dari telur asin juga lumayan lama, bisa tahan 10 hari di suhu ruangan. Kemudian, jika disimpan dalam kulkas bisa tahan hingga 1 bulan. Untuk mendapatakan telur asin yang masir, berminyak dan asin nya pas, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

Menggunakan media batu bata dan garam, ini adalah salah satu metode zaman dulu, tapi kalau soal rasa dijamin enak dan minim gagal.  Kalau menggunakan media lain, biasanya ada yang masih agak amis atau ada juga yang teksturnya kurang  padat. Buat cara pembuatannya cukup mudah, tinggal siapkan:

  • 1 ,5 kg bata bubuk ( bata yang sudah dihaluskan) 
  • 1,5 kg garam laut (krasak), perbandingannya 1 : 1.  
  • Telur bebek 10-20 butir
  • Air Secukupnya
  • Ember ukuran sedangtelur asin

Mula-mula telur bebek di rendam dalam air, jika ada yang mengapung, sisihkan dan jangan dipakai. Kenapa?? Karena kualitasnya kurang baik, atau bisa juga busuk. Selanjutnya, cuci telur bebek sambil disikat atau diamplas, agar pori-porinya terbuka dan kulit nya menipis. 

Langkah selanjutnya adalah mencampur bata bubuk, garam laut dan air bersih sampai benar-benar tercampur. Lalu, siapkan ember dan beri sedikit adonan tersebut pada dasar ember. Masukkan telur dalam ember tersebut secukupnya ( sesuai kapasitas), tata dengan rapi dan beri jarak. Kemudian, beri adonan secukupnya sampai terkubur seluruhnya. Lakukan langkah tersebut sampai telur habis. 

Terakhir, tunggu minimal 14 hari atau 2 minggu untuk mendapatkan telur asin yang masir dan berminyak. Semakin lama perendaman, hasilnya semakin enak dan warnanya juga semakin oren. Namun, jangan rendam sampai 1 bulan ya gaiss :D. Jika sudah di rendam selama waktu tersebut, tinggal dibongkar, dicuci bersih dan dikukus. Kenapa nggak direbus aja?? Karena jika dikukus, rasa telur nya lebih kenyal dan padat. Selain itu, juga akan membuat tekstur telur lebih lembut dan super yummy. 

Kalau semuanya sudah selesai, kamu bisa melanjutkan dengan proses pengemasan. Supaya lebih menarik, bungkus dengan box telur asin seperti gambar diatas. Nggak cuma terlihat eksklusif, tetapi juga bikin yang beli jadi makin terpesona loh. Bahkan, hal ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan branding bisnis kamu. Karena, dalam kemasan tersebut bisa di tambahkan kontak, logo, alamat bisnis hingga gambar telur asin kamu. 

Proses pemasarannya, bisa dilakukan melalui sosial media maupun marketplace. Namun, karena daya tahan nya tidak terlalu lama, jadi pasarkan di area terdekat dahulu.  Kalau menurut pengalaman mimin nih, pemasaran yang responnya paling cepat adalah facebook marketplace. Saat melakukan promosi, pastikan kamu memakai foto yang menarik dan juga sertakan packaging kamu. Hal ini untuk mempermanis tampilan produk di sosial media dan marketplace. 

Cukup sekian, good luck dan selamat mencoba semuanya!! Box telur asin nya jangan lupa pesan di megakemasan.com. Desain bisa suka-suka dan juga kamu bakalan dapet desain gratis loh ya. Kapan lagi dapet sefruit peluang emas kayak gini?? Langsung aja yuk konsultasi atau order melalui nomor : 0811-2648-980

 

Sharing is Caring