5 Hal Penting dalam Membuat Kemasan Ideal untuk Produk Jualan Anda

Saat ini hampir semua orang sudah beralih membeli makanan secara online atau biasa disebut “gofood” layanan pengantar makanan dengan pesan secara online, cukup di tempat tanpa perlu ke luar rumah, antri sampai panjang dan anda bisa mendapatkan makanan yang sesuai anda pesan. Sehingga waktu tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang lain

Nah, ini merupakan peluang bagi anda dalam membranding dan mempromosikan produk kuliner anda melalui kemasan. Sudah tentu membutuhkan kemasan untuk wadah pesanan online atau pesanan takeaway agar lebih efisiensi dan aman.

Kemasan sekarang banyak macamnya dan custom menyesuaikan kebutuhan produk dan keinginan konsumen. Dari kemasan dus nasi, rice box, papertray, kantong kertas, kertas roti, dus autolock, dus corrougated, dus takeaway, dus hard carton, standing pouch, kemasan sachet, dus foodgrade dan masih banyak lagi macamnya.

Dari sekian banyaknya kemasan, pasti anda butuh kemasan yang ideal untuk produk anda. Apa saja yang harus disiapkan dalam membuat kemasan ideal ??

  • Ukuran Kemasan

Pertama kali yang harus anda siapkan adalah ukuran produk. Disesuaikan agar pas dengan diberi selisih sekitar 0,5cm hingga 2 cm untuk kemasannya, sehingga kemasan untuk produk tersebut tidak kebesaran ( tidak kocak) atau kekecilan ( tidak merusak). Produk pun akan terjaga dengan aman jika ukuran kemasannya pas saat dimasukkan.

  • Bentuk Kemasan

Setelah ukuran kemasan disesuaikan, kemudian bentuk kemasan juga harus dipikirkan dengan baik. Karena orang yang dilihat pertama kali adalah bagian luarnya, carilah bentuk kemasan yang unik namun tetap fungsional.  Tak hanya menjadi daya tarik konsumen, namun harus bisa menjadi wadah yang aman dan mudah digunakan saat memasukkan dan mengeluarkan produk tersebut.

  • Bahan Baku Kemasan

Bahan baku untuk kemasan dus terdiri dari duplek, ivory dan kraft coklat. Sesuaikan produk jualan anda dengan kemasan yang dipakai. Apabila produk makanan anda langsung menyentuh kemasan, gunakan kemasan yang foodgrade sehingga makanan tersebut dalam keadaan aman yang tidak merubah cita rasa dan aroma dan terjaga kebersihannya. Agar produk makanan anda tidak lengket pada kemasan, anda harus memesan kemasan dengan tambahan laminasi glossy pada bagian dalam kemasan dan untuk menghindari serat kemasan menempel pada makanan.

  • Harga Kemasan

Kemasan custom pasti sesuai dengan kebutuhan produk dan keinginan kita, namun rata-rata harga kemasan yang ditemui cukup tinggi dan tidak sesuai dengan harga jual produk. Di Mega Kemasan anda dapat memesan kemasan sesuai dengan keinginan anda yang harganya cukup terjangkau jadi tidak khawatir mengenai harga jual produk dengan kemasan yang dipesan.

  • Desain Kemasan

Jika sudah mendapatkan kemasan custom dengan harga yang sesuai, anda perlu menyiapkan materi desain untuk kemasan. Desain yang informatif dan secara tidak langsung menjadi branding dan media promosi bagi produk anda. Tak harus dipenuhi desain, cukup simple namun elegan saat dilihat.

Menjadi ideal memang butuh perjuangan yang lebih, perlakuan dalam membuat kemasan untuk produk anda pun butuh persiapan yang matang. Ingat , jangan asal cetak kemasan yang akhirnya kemasan tersebut tidak ada nilai jual atau akhirnya tidak bisa terpakai karena tidak sesuai dengan produk jualan anda. Jika anda belum mengerti tentang kemasan, Mega Kemasan menyediakan fasilitas dan layanan untuk anda Free Konsultasi Kemasan. Setelah anda fix order memesan kemasan, namun kesulitan dengan desain kemasan anda tidak perlu khawatir karena Mega Kemasan juga memberikan layanan Free Desain untuk anda. Mega Kemasan merupakan “The Best Partner in Packaging” untuk bisnis dan usaha Anda.