Produk-produk UKM di Indonesia yang Go Internasional

Ternyata produk UKM tuh nggak cuma berkualitas aja loh bestie, tapi banyak yang sudah memasuki pasar internasional. Terlebih, perkembangan teknologi yang semakin cepat, membuat pemasaran jadi semakin luas jangkauannya melalui daring. Terlebih, jumlah UKM pada tahun 2021 mencapai 64 juta pelaku UKM di Indonesia. Oleh karena itu, dengan banyaknya UKM tersebut, perlu nih di dorong agar semakin maju. Untuk meningkatkan motivasi produk-produk UKM di Indonesia Go Internasional, berikut ini yang sudah berhasil dan sukses masuk pasar internasional:

  • Bandar Mina

Lokasinya ada di Bali Utara, bergerak dalam bidang eksportir ikan kerapu macan dan bebek. Bahkan, ikan-ikan tersebut tak hanya dikemas, tetapi juga dalam kondisi segar. Untuk ikan dalam bentuk kemasan biasanya dikeringkan atau dibekukan dahulu. Hasil dari produk UKM ini diekspor ke Cina, Hongkong, Thailand, Amerika Serikat dan masih banyak lagi.

Produk-produk UKM

  • PT Ika Indo Industri Karbonik

Perusahaan ini sudah eksis sejak tahun 1988 dan makin berkembang berkat inovasi dan teknologi. Produknya berupa karbon aktif, yang dipakai untuk memurnikan air dan berbagai proses industri lainnya. Produk ini terbuat dari tempurung kelapa, yang dianggap memiliki kualitas terbaik, berupa daya serap dan daya tahan tinggi. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ini berasal dari Medan Sumatera Utara dan telah menjangkau pasar Amerika dan Eropa.

  • Jenang Sinar 33 Kudus

UKM ini sudah berdiri sejak tahun 1910an. Kelezatan dari Jenang Sinar 33 Kudus ini ternyata sudah go internasional, tepatnya di negara China, Taiwan hingga Chinatown Amerika. Bisnis Jenang Sinar ini sukses pada saat dipimpin oleh Muhammad Hilmy, ia merombak besar-besaran dan bernaung dalam PT, Mubarokfood Cipta Delicia.

Itulah Produk-produk UKM di Indonesia yang Go Internasional yang bisa kamu jadikan motivasi bisnis.  Produk-produk tersebut mungkin terlilhat biasa di Indonesia, namun ternyata mampu merambah pasar Internasional. Keren banget kan?? Apakah kamu tertarik buat mengikuti jejak pengusaha-pengusaha diatas?? Jangan lupa pakai kemasan yang aman, nyaman, praktis dan eye catching tentu aja.  Yuk deh, yang mau kemasan kayak yang mimin sebutin, langsung aja order atau tanya-tanya megakemasan.com melalui nomor: 081-6677-618