Gerakan Sejuta Pohon untuk Anak Cucu

Tanggal 10 Januari diperingati dengan “Hari Gerakan Satu Juta Pohon”. Peringatan ini mungkin tidak familiar di telinga kita yang identik selalu dengan perayaan. Gerakan satu juta pohon ini harus kita gencarkan karena akhir-akhir ini banyak bencana menimpa bumi kita, dari kebakaran hutan, banjir dan tanah longsor.

Dengan ini, kita coba kulik manfaat dari pohon tersebut. Pohon dapat mengurangi kadar CO₂ di udara, sehingga udara akan terasa lebih dingin, menjadi sejuk. Disisi lain, pohon yang kita tanam menjadikan lingkungan menjadi asri juga berguna untuk menahan laju air, agar dapat terserap dengan baik ke tanah, dengan demikian itu mencegah terjadinya bencana banjir, tanah longsor.

Pohon termasuk makhluk hidup yang harus kita jaga, kita lindungi dari tangan usil manusia yang tak bertanggung jawab dengan merusak ekosistem hutan untuk kepentingan pribadi maupun sekelompok orang yang akhirnya merugikan lingkungan sekitar, udara menjadi tidak segar karena polusi dari kebakaran dan bumi semakin tandus.  Mari kita lakukan hal kecil dengan menanam dan merawat tanaman, pohon disekitar rumah, taman, lingkungan agar berdampak baik pula untuk bumi. Selain itu kita kurangi penggunaan tissue yang bahan baku utama berasal dari pohon agar bisa diteruskan kebiasaan seperti ini untuk generasi anak cucu kita selanjutnya.