Cara Menghemat Pengeluaran Bisnis di saat Krisis

Siapa nih yang bisnis nya sedang mengalami krisis?? Pasti hampir semua usaha sedang mengalami penurunan pemasukan. Hal ini karena pandemi yang belum berakhir dan juga belum lama ini ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Pembatasan jam operasional hingga pembatasan jumlah pengunjung selama PPKM secara otomatis akan menurunkan pendapatan. Nah, buat mengantisipasinya nih gais, bisa dengan menghemat pengeluaran bisnis kamu. Jadi nih, batasi pembelian untuk hal-hal yang tidak perlu atau yang belum dibutuhkan usaha. Misalnya, kursi, meja, alat makan dan masih banyak lagi. Peralatan tersebut tentunya belum terlalu dibutuhkan saat ini, apalagi makan ditempat atau dine in masih dibatasi. Kemudian, jam buka nya pun dibatasi hanya sampai jam-jam tertentu aja. Biar proses menghematnya berhasil, coba lakukan ini: 

  • Mengubah Strategi Pemasaran

Pemasaran adalh salah satu komponen yang mengeluarkan biaya cukup tinggi delain operasional kantor.  Apalagi, jika sebelumnya kamu gencar melakukan promosi. Tentu aja nggak salah menerapkan promosi dengan “bakar uang”. Akan tetapi, jika sedang mengalami krisis, sebaiknya mmenghemat biaya marketing dan strateginya pun perlu diatur ulang.  Kalau selama ini mengedepankan iklan sebagai iklan berbayar sebagai andalan, mungki kini bisa dialihkan pada strategi pemasaran secara organik. Gunakan sosial media seperti facebook, instagram, tik tok, twitter dan masih banyak lagi.

menghemat pengeluaran

  • Kelola Karyawan

Pengelolaan karyawan harus dilakukan dengan baik dan terstruktur. Contohnya, pilih freelance atau pekerja lepas, karena biasanya mereka dibayar per pekerjaan yang dilakukan. Kamu juga bisa memakai aplikasi absensi gratis untuk mengatur karyawan yang saat ini bekerja di bisnismu. Aplikasi tersebut biasanya memiliki fitur absensi untuk memantau kinerja karyawan. Hal ini sangat menguntungkan dan menghemat biaya operasional. 

  • Buat Pembukuan yang Rapi

Dengan memiliki pembukuan yang tertata, mengetahui keuangan bisnis akan lebih mudah dan cepat. Selain itu, juga untuk menghindari kesalahan-kesalahan pembukuan yang bisa merugikan bisnis. Bahkan, jika pembukuan rapi, peminjaman modal jadi lebih mudah. Kalau tak ingin repot, bisa menggunakan software akuntansi jurnal. Bahkan,  pembukuan yang rapi juga akan mempermudah dalam membatasi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. 

Nah, itu beberapa cara untuk menghemat pengeluaran di kala krisis melanda bisnis kamu. Cukup sederhana bukan caranya?? Pastinya mudah diaplikasikan buat usaha kamu. Kemudian, biar bisnis kamu bisa bertahan di saat-saat krisis seperti ini, kamu bisa loh buat kemasan yang bisa meningkatkan branding.  Kenapa branding penting dalam kondisi krisis?? Karena dengan adanya hal tersebut, bisa menjangkau konsumen lebih banyak. Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan kemasan yang menarik, eye catching dan yang pasti menjual. Kemasan kayak gitu buatnya dimana?? Ya di megakemasan.com dong yaa, jangan sampai salah tempat. Biar lebih cepat responnya, bisa hubungi 0812-3189-5758 atau 081-6677-618